Nama : fahri afrian
Kelas : 3da01
Npm : 42211593
BAB I
Pendahuluan
Pada era yang sudah
modern saat ini, tidak heran apabila sebuah komputer menjadi salah satu alat
yang banyak digunakan oleh manusia. Contohnya dari aspek pemerintahan, ekonomi
dan bisnis, pendidikan, dan lain-lain. Pada dasarnya komputer dipergunakan hanya
sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
Apa lagi berbicara
soal bisnis, pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain. Komputer sudah sangat
harus dipergunakan pada aspek-aspek tersebut. Sebuah komputer diibaratkan
sebagai nyawa kedua baginya. Karena banyak masalah yang hanya bisa diselesaikan
oleh mesin komputer ini, contohnya : mengambil sebuah data, memproses data, dan
mengeluarkan data.
BAB II
Pembahasan
2.1 definisi komputer
komputer adalah alat
yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Kata computer secara umum
pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart
Concise Dictionary of Etymology, kata
tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk
"orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan
sebagai "alat hitung mekanis".
Berdasarkan generasinya komputer
terbagi menjadi empat masa, yaitu :
· Komputer
Generasi Pertama (1946-1959)
· Komputer
Generasi Kedua (1959-1964)
· Komputer
Generasi Ketiga (1964-1970)
· Komputer
Generasi Keempat (1979-sekarang)
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai
pengolah data dan menghasilkan suatu informasi, maka
diperlukan sistem komputer. Elemen-elemen dari system computer
tersebut terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem
komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan.
berdasarkan data yang
diolah, ada tiga golongan komputer yaitu :
1. Komputer Analog
2. Komputer Digital
3. Komputer Hybrid
Sedangkan berdasarkan
penggunaannya ada komputer untuk tujuan khusus dan komputer untuk tujuan umum.
Berdasarkan kapasitas dan ukurannya ada enam golongan komputer yaitu :
1. Komputer Mikro
2. Komputer Mini
3. Komputer Kecil
4. Komputer Menengah
5. Komputer Besar
6. Komputer
Super (Wahono, 2003 : 1).
2.2 peranan komputer dalam pemecahan masalah
Beberapa alat input
memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga sebagai alat output
untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal.
Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak
langsung. Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh
dari terminal melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job
Entry (RJE) terminal atau Remote Batch terminal.
Alat input langsung
memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa
terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input
langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device,
scanner, voice recognizer.
Alat input tidak
langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi
direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya
dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input
tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.
Penyimpanan primer (primary storage)
Penyimpanan primer ada dalam beberapa bentuk yang memberikan beragam kemampuan dalam hal operasi dan kecepatan. Ukuran dari penyimpanan primer ditunjukkan dalam satuan Kilo Byte(KB), Mega Byte(MB), Giga Byte(GB).
Penyimpanan primer (primary storage)
Penyimpanan primer ada dalam beberapa bentuk yang memberikan beragam kemampuan dalam hal operasi dan kecepatan. Ukuran dari penyimpanan primer ditunjukkan dalam satuan Kilo Byte(KB), Mega Byte(MB), Giga Byte(GB).
Bentuk-bentuk
penyimpanan primer:
·
RAM (random access memory), adalah memori yang dapat diakses yaitu memori yang
dapat diisi dan diambil isinya. RAM bersifat volatile karena isinya akan hilang
bilang listrik padam.
·
ROM (read only memory) adalah memori yang hanya dapat dibaca dan bersifat non
volatile yaitu isi dari ROM tidak akan hilang jika listrik padam. ROM berisikan
intruksi dan data yang memberitahukan komputer apa yang akan dilakukan pada
saat komputer dinyalakan.
·
Cache Memory merupakan RAM khusus yang diletakkan antara processor. Cache
memory akan dibaca terlebih dahulu oleh processor sebelum mencari intruksi atau
data di RAM biasa.
Unit
Output
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
Alat output dapat
berbentuk :
- Hard copy, alat yang digunakan untuk mencetak tulisan, angka, karakter
khusus dan simbol serta image pada media hard (keras) seperti misalnya
kertas atau film. Misalnya Printer, Plotter, COM (Computer Output
Microform)
- Soft copy, alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image pada
media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display,
flat planel display, speaker.
Software
Perangkat lunak (software) adalah satu atau kumpulan dari beberapa program. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar yang diperlukan semua pemakai komputer yang berhubungan dengan perangkat keras. Perangkat lunak ini disediakan oleh pembuat perangkat keras atau oleh perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak.
Perangkat lunak (software) adalah satu atau kumpulan dari beberapa program. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar yang diperlukan semua pemakai komputer yang berhubungan dengan perangkat keras. Perangkat lunak ini disediakan oleh pembuat perangkat keras atau oleh perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak.
Ada 3 jenis dasar
perangkat lunak sistem: sistem operasi, penterjemah bahasa dan program utility.
Perangkat lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan suatu tugas khusus.
Perangkat lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan suatu tugas khusus.
Database
Era Database
Sebelum era database ditandai dengan
Era Database
Sebelum era database ditandai dengan
- Sumber data dikumpulkan dalam file-file yang tidak terhubung satu
dengan lainnya
- Setiap aplikasi memiliki/merancang file data sendiri
- Memiliki kelemahan: duplikasi data, ketergantungan data, kepemilikan
data tersebar
Untuk memecahkan
masalah di atas dilakukan dengan cara pengorganisasian data secara fisik dan
mengarah ke organisasi logis. Organisasi fisik (logical organization),
mengintegrasikan data dari beberapa lokasi fisik yang berbeda dan merupakan
cara pemakai melihat data. Organisasi fisik (physical organization), merupakan
cara komputer melihat data sebagai file-file yang terpisah.
- .Konsep
databaseMerupakan
integrasi logis dari catatan-catatan dalam banyak file. Database adalah
suatu koleksi data komputer yang terintegrasi, diorganisasikan dan
disimpan dalam suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali.
Tujuan utama dari konsep
database:
1.
Meminimumkan pengulangan data
2.
Independensi data
3.
Inkonsistensi data
4.
Pemakaian bersama
Hirarki data :
- Field
- Record
- File
- Database
2.Struktur
database
Penekanan pada
kegiatan pengolahan data adalah pada kemampuan untuk mengakses data dengan
cepat serta efisien dalam penggunaan secondary storage.
Struktur data berjenjang (hierarchical data structure)
Hubungan antara data membentuk suatu jenjang seperti pohon. Suatu pohon dibentuk dari beberapa elemen grup data yang berjenjang, disebut dengan node. Node yang paling atas atau level 1 disebut dengan root . tiap node dapat bercabang ke node lain. Satu node hanya mempunyai satu orang tua.
Struktur data berjenjang (hierarchical data structure)
Hubungan antara data membentuk suatu jenjang seperti pohon. Suatu pohon dibentuk dari beberapa elemen grup data yang berjenjang, disebut dengan node. Node yang paling atas atau level 1 disebut dengan root . tiap node dapat bercabang ke node lain. Satu node hanya mempunyai satu orang tua.
- Struktur data jaringan (network data structure)Hubungan data sama
dengan struktur hirarki, tetapi untuk setiap node bisa mempunyai lebih
dari satu orang tua.
- Struktur data hubungan (relational data structure)Data disusun dalam
bentuk tabel dua dimensi yang terdiri dari kolom (field) dan baris
(record). Hubungan antara record didasarkan pada nilai dari field kunci
bukan berdasarkan alamat atau pointer di dalam record seperti pada strutur
pohon dan jaringan.
Komputer apapun
jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device,
Central Processing Unit, Output Device dan External memory.
a.
Input Device
Input device bisa
diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke- dalam
komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak, seperti
:
Keyboard
Alat penunjuk ( mouse, touch-screen monitor, Light Pen, Unit Remote Control)
Alat input otomatisasi data sumber ( Scanner, MICR, EFT)
Alat input pengenal suara (microphone)
Alat input pengenal gambar (camera)
Keyboard
Alat penunjuk ( mouse, touch-screen monitor, Light Pen, Unit Remote Control)
Alat input otomatisasi data sumber ( Scanner, MICR, EFT)
Alat input pengenal suara (microphone)
Alat input pengenal gambar (camera)
Dalam kehidupan
sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device
yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak manusia. Membaca bisa
diartikan sebagai memasukkan data (kedalam otak manusia) melalui mata.
b.
Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi
sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu,
CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga
berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan
engolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan,
menghitung,
mengingat,
mengurutkan maupun membandingkan.
Dalam bekerja, fungsi
dari CPU terbagi menjadi :
Internal Memory/Main
Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program. ALU (Arithmatic Logical
Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan. Control Unit, bertugas
untuk mengatur seluruh operasi computer
CPU juga disebut
sebagai microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh
kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekwensi kerjanya. Kapasitas bit untuk
Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Kemampuan CPU dilihat dari
bit- nya, bila suatu processor berkapasitas pemrosesan 8 bit, dapat diartikan
bahwa pemrosesan tersebut memiliki 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit
instruksi. Dengan demikian, processor 16 bit, dapat memproses kira-kira 2 kali
lebih cepat dari yang 8 bit.
Faktor lain yang
mempengaruhi kecepatan kerja microprocessor adalah frekwensi kerja komputer.
Ada CPU yang mempunyai frekwensi 4.77 Mhz (mega hertz = juta hertz), 8 Mhz, 16
Mhz, 40 Mhz, 50 Mhz dan lain sebagainya. Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya,
semakin tinggi pula kecepatan memprosesnya.
Microprocesor 8 bit
adalah 8088, biasa digunakan untuk komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77 Mhz.
Microprocessor 16 bit adalah 80286, dipasang untuk type PC-AT dengan frekwensi
antara 8 Mhz hingga 20 Mhz. Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan 80486, kedua
jenis microprocessor ini dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi antara 20 Mhz
hingga 40 MHZ. Kini beredar microprocessor jenis 80586 (pentium) dan 80686
Microprocessor 586
dikenal dengan nama pentium, telah dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak
perubahan dan peningkatan pada processor ini. Kecepatan yang dimiliki adalah
112 MIPS (Million Instruction PerSecond) atau meningkat 5 kali lebih cepat dari
generasi 486.
c.
Output Device
Output device bisa diartikan
sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun
pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca
oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis
output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak, seperti :
Alat output tampilan
( layar monitor, LCD proyektor)
Alat output cetakan (printer)
Alat output suara (speaker device)
Alat output cetakan (printer)
Alat output suara (speaker device)
Microform
Alat output grafik
(printer, plotter, layar tampilan)
Dalam kehidupan
sehari-hari, menulis, juga bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk mengeluarkan
hasil pemikiran kedalam suatu media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media
yang dipergunakan untuk menulis bisa berupa kertas ataupun bentuk lainnya.
Dalam sebuah
perusahaan baik staf maupun manager sering tampak menggunakan keyboard dan
layar tampilan dan mungkin printer dan plotter dalam memecahkan masalah. Alat
input dan output ini menyediakan hubungan komunikasi antara pengguna (user)
dengan computer dan karenanya berperan langsung pada pemcahan masalah. Ada pula
alat pada computer yang tidak secara langsung berperan dalam pemecahan masalah,
contohnya seorang manager meminta stafnya untuk mengumpulkan informasi dari
laporan-laporandalam bentuk microfilm dan menyajikan ringkasannya dalam bentuk
grafik. Jadi bisa disimpulkan bahwa semua alat input maupun output dapat
berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung maupun tidak langsung
BAB III
Kesimpulan
Dari pembahasan
diatas dapat disimpulkan bahwa , peranan pemrosesan computer sangatlah penting
dalam membantu manusia dalam memecahkan masalahnya. Secara garis besar masalah
yang dihadapi ini meliputi : mengambil data,memproses data dan mengeluarkan
data yang telah diproses.
Ketika memproses data , pekerjaan
penting yang dilakukan komputer adalah :
- transfer data
- kalkulasi data
Berdasarkan fungsi
dan proses inilah , komputer membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi
oleh manusia. Dalam pemakaiannya, computer tidak dapat berdiri sendiri. Tetapi
diperlukan peran manusia untuk ‘mengendalikan’kerja-kerja computer.
Proses kerja komputer secara
sederhana adalah :
§ Proses pertama: Menerima perintah yang
User masukan melalui perangkat input seperti keyboard dan mouse
§ Proses kedua: Mengolah perintah yang
sudah diterima dari User, perangkat keras yang mengelola perintahnya adalah
prosesor atau juga sering disebut sebagai otak komputer
§ Proses
ketiga: Mengeluarkan(Output) hasil dari perintah yang sudah diolah didalam
prosesor melalui perangkat output seperti monitor(Mengeluarkan tampilan),
spiker(Mengeluarkan suara), printer(Mengeluarkan hasil cetakan) dan melalui
perangkat output lainDalam sebuah computer terdapat alat input dan output yang
bekerja saling berhubungan satu sama lain.
Semua alat input dan
output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan
tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter
(berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak
langsung).
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar